Unpad Sistem Registrasi Online, Mau???

Hari pertama registrasi mahasiswa berbondong-bondong di Kapan ya Unpad registrasi onlineruang Sub Bagian Administrasi (SBA) untuk melakukan pembayaran baik uang semesteran maupun POMA. Dorong-dorongan, gerah, sesak, panas, dan keringat tidak terelakkan.

Seorang mahasiswa kebingungan nilainya belum keluar, KRSnya belum bisa diproses, ternyata uang registrasinya belum di debet oleh Bank. Jadi KRSnya belum bisa di print. Bagian SBA bilang ’nanti tunggu Bapak Anu’. Ternyata bapak anu tak kunjung datang….

Konon di Kampus tetangga yang Institut itu registrasi sudah dilakukan dengan cara online. Tidak ada lagi desak-desakan dll. Apa membuat sistem registrasi yang online sangat susah ya…sampai-sampai kita belum bisa melakukannya?

Mungkin begini tahapannya kalau kita di Unpad bisa registrasi online:

  • Mahasiswa Unpad login dengan username dan password
  • Mahasiswa masuk ke dashboard degan pilihan kuliah, perwalian, KRS, Registrasi.
  • Klik perwalian.
  • Mahasiswa memasuki halaman dengan pilihan mata kuliah.

Mata kuliah yang dapat dipilih ditulis (ditandai dengan) warna hijau.

Mata kuliah yang tidak dapat dipilih ditulis (ditandai dengan) warna merah.

  • Klik radio button (tanda bulet-bulet kaya kamu ngisi male-female waktu bikin email di yahoo) disisi kanan mata kuliah. Lalu klik proses.
  • Jika ada mahasiswa yang nekad memilih mata kuliah yang tidak tersedia, muncul tulisan :

Maaf, mata kuliah abc tidak dapat diambil, anda belum menempuh kuliah xyz yang merupakan prasyarat dari mata kuliah abc. Mohon ulangi sekali lagi.

  • Jika sukses akan mucul tulisan:

Anda telah sukses melakukan perwalian. Klik disini untuk mendapatkan KRS.

  • Setelah di klik, maka muncul tulisan:

Selamat KRS anda telah berhasil diproses silahkan print KRS ini sebgai bukti untuk mengikuti ujian (atau sebagai bukti untuk orang tua andaJ )

  • Atau jika gagal,

maaf anda belum melakukan registrasi, silahkan lakukan pembayaran sesuai niminal yang ditetapkan untuk angkatan anda.

  • Jika mahasiswa tertentu (bermasalah) misal angkatan tua. Maka sejak login akan muncul tulisan:

Anda tidak dapat mengakses layanan registrasi online. Kesalahan tidak terdapat pada akses internet anda, tapi semata-mata karena anda sudah terlalu senior dan nilai anda bermasalah dan hampir DO. Silahkan hubungi ketua dan sekretaris jurusan.bayi aja ketawa liat mahasiswa Unpad belum lulus-lulus

Kami yakin mahasiswa yang membacanya juga akan ketawa-ketawa dan cengengesan. Dan tidak akan sakit hati melihat wajah-wajah SBA yang cemberut kelelahan. Saya sih tidak mau menyalahkan mereka yang bertugas menginput data dan melayani registrasi mahasiswa. Wajar, mereka terlalu sedikit dan mahasiswa terlalu banyak. Sistem registrasi online ini benar-benar layak dipertimbangkan.

 

Dijamin ini akan sangat memudahkan layanan terhadap mahasiswa, mempermudah kerja SBA, mengurangi kesalahan kerja, dan menuntut dosen mengeluarkan nilai tepat waktu. Juga tetap manusiawi, karena ada kategori mahasiswa yang tidak bisa mengakses registrasi online dan harus menghadap jurusan untuk ’diceramahi’, ini bimbingan yang wajib dilakukan dan wajib diterima mahasiswa. Sistem ini pasti bisa dibuat. 

Bagaimana? Sepakat?

10 Responses

  1. atau mungkin para SBA harus dinakkin gajinya kali ya…
    n ditraining sama teller Bank?
    gimana?

  2. absen aja dulu komentarnya nanti belum baca euy!!!!
    ikut ngiklan ya…kunjungi Adang setia
    ….

  3. Wah, agresif juga masarin blognya…
    hehe..
    tadinya cuma mo numpang lewat aja, tapi udah ada yang ngabsen, jadi malu kalo ngga comment 🙂

    Emang enak kalo bisa online. tapi khan ngga semua mahasiswa punya laptop atau bisa hotspot. yah, paling jadi harus ke warnet.
    tapi boleh juga sih daripada harus dijudesin SBA.

    Pernah juga tuh di Ekonomi saking desek-desekannya kaca di tempat ngantrinya pecah, karena pada serobot n dorong dorong gitu deh.

    tapi itu kale ya perjuangannya.? (iya gitu?)

    kalo bisa lebih baek sih kenapa ngga ???
    coba dulu kali ya…

  4. aduh.. gue kurang setuju kalo online mending di judesin sama orang sba deh dari pada harus disamain ama institut ecek2 yang suka ada iklannya… aheiahieaheihaiehiahe

  5. wah bisa hubungin laboatorium lamkomp d3 fmipa unpad tuh… webnya udah jadi cuma belum ada fasilitas server webnya aja tuh.. dari kemaren2 udah dipikirin gimana caranyanya ya cuma tinggal fasilitasnya aja yang belum ada… kumaha tah…

  6. iya top banget registrasi online… kasih masukan ya.. kalo webnya udah kita buat bisa hubungin laboratorium komputer d3fmipa unpad.. udah jadi lagi.. cuma masalahnya gak ada fasilitasnya euy kaya domain servernya gituh… kumaha atuch… i love unpad

  7. Sip, dido’akan supaya cepet ada servernya tuh labkom D3 Mipa….. 🙂 kalo webnya dah jadi tinggal di bayar aja atuh…
    pertanyaannya adalah kalo dana buat bayar server website temen-temen yang ngga ada itu baru masalah…
    Gimana nih Kang Ganjar ?
    yang saya maksud ‘Kampus tetangga yang Institut itu ‘ maksudnya adalah ITB, mugkin yang Abi kira Institut2 yang leafletnya disebar kekampus2 setiap SPMB…??? bukan itu maksudnya…. 🙂

  8. registrasi lwt online?
    hmm….dulu aja yg gw tau wktu thn 2002 pnh coba autodebet kynya ga diterusin lagi (gila ya gw angkt brp coba?)
    klo lwt online, sumberdayanya juga hrs di’asah’ dulu kali yee…hehe :p

    org Indonesia itu msh bnyk yg lbih percaya sama sistem yg manual2 aja. Dpt kuitansi, baru deh tenang.

    Hehe…tp oke jg sih sbnrnya lwt online ;p

  9. waduh jangan manual mulu atuch, berpikir maju donk.. kan buat unpad-unpad juga… buat webnya gratis deh gratis… alias gretong for unpad pan… cuma domain server aja nih yang gak ada.. gmana atuh pak ganjar??? kan unpad baru narik koneksi ampe puluhan mega bit tuh gimana kalo disisain buat registrasi online.. tul gak.. yang setuju ngacung… hehe 🙂

  10. Boleh juga tuh, dan Unpad memang mau mengarah ke situ, coba tanya DCSISTEM Unpad . Memang telat sih kalau bandingkan dengan Universitas lain, tapi dari pada nggak ya kan . Karena komitmen Kang Ganjar untuk soal ini kuat sekali. dibanding rektor-rektor sebelumnya. Cuma manual sistemnya juga harus baik, sehingga ada backup yang sah. Kalaupun layanan internet mati, masih ada sistem manual . Kalau regristrasi Auto Debet kan sudah, hampir semua fakultas sudah melaksanakannya. Untuk yang online sedang dikerjakan sama DCSISTEM Unpad, sehingga dengan 1 account, mahasiswa bisa lihat : 1. Email (kapasitas 5 Giga, dan berlaku seumur hidup), 2. Akses Jurnal Internasional, 3. Daftar pinjaman buku perpustakaan, 3. KRS On line, 4. KKS dan Transkip On-Line, 5. Layanan E-Learninng, . 6. Akses Internet Hotspot Gratis, dll. Seperti Perguruan Tinggi di luar negeri. ….

Leave a comment